Tutorial Photoshop Untuk Pemula - Membuat Efek Spiral Light Photoshop



Selamat datang di KoeToe-ID, Blog Tutorial Ilmu Desain CorelDraw dan Photoshop untuk Pemula. Pada Tutorial kali ini kita akan mengupas mengenai teknik manipulasi Photoshop sederhana yaitu Membuat Efek Spiral Light. Teknik manipulasi ini disebut sederhana karena tidak banyak menggunakan efek, filter, atau penyatuan objek gambar, tapi pada Tutorial kali ini kita hanya akan menggunakan Pen Tool, Brush Tool, Eraser Tool dan sedikit Layer Style.
Efek manipulasi spiral light ini berupa garis berebentuk spiral yang mengeluarkan cahaya. Pada tutorial ini saya menggunakan objek anak-anak dan spiral lightnya di letakkan mengelilingi badan, tapi Brothers bisa improve dengan gambar objek berbeda. Hasilnya seperti berikut.



Oke mari kita Kupas Tutorial Cara Membuat Efek Spiral Light dengan Photoshop. 

1. Buka Photoshop dengan klik Start - All Programs - Adobe Photoshop
2. Buka Foto yang akan di beri efek Spiral Light, klik File - Open
3. Setelah gambar terbuka selanjutnya kita langsung saja buat Layer baru. klik menu Layer - New - Layer atau bisa menggunakan shortcut dengan menekan tombol Shift+Ctrl+N di keyboard.



4. Langkah selanjutnya kita pada layer baru tersebut kita akan menggunakan Pen Tool untuk membuat garisnya. pilih Layer baru tadi dan klik Pen Tool kemudian buatlah garis ZigZag pada objek.



5.  Langkah selanjutnya adalah mengatur Brush Tool untuk mewarnai garis nantinya. Klik Brush Tool, atur ketebalannya di Option Bar. kemudian ganti warna Foreground Color untuk warna Brush yang akan dihasilkan. Pilih warna cerah agar bisa menghasilkan efek cahaya.



 6. Selanjutnya kita akan membuat lekukan pada garis ZigZag yang kita buat tadi. Klik Kanan pada Pen Tool tadi dan pilih Convert Point Tool. kemudian klik pada titik garis ZigZag tadi dan geser sampai menemukan lekukan yang sesuai.



7.  masih menggunakan Convert Point Tool, klik kanan pada salah satu titik garis tadi dan klik Stroke Path.


akan muncul kotak dialog. pada bagian Tool : pilih Brush dan centang kotak Simulate Pressure agar kedua ujung garis meruncing



8. Spiral Light sudah terbentuk. tapi garis ZigZag yang kita buat tadi masih terlihat. Untuk menghilangkannya klik kanan pada garis dan klik Delete Path.
 


9. Langkah selanjutnya adalah menghapus bagian Spiral Light yang tidak diperlukan agar spiral light terlihat seperti mengelilingi objek. Untuk menghapusnya kita gunakan Eraser Tool.



10. Langkah terakhir adalah memberi efek Glow pada spiral light agar terlihat bersinar. Klik 2X pada Layer Spiral Light, maka akan muncul kotak dialog Layer Style, centang dan klik pada pilihan Outer Glow dan atur seperti berikut.



11. Selesai.



Gimana? Foto terlihat lebih keren dengan Spiral Light Ini kan? hehe...
Brothers bisa bereksperimen dengan mengimprovisasi bentuk garis dari spiral light ini. Silahkan Share Hasil Karya Brothers ke Facebook Fanpage KoeToe-ID untuk mendapatkan apresiasi dari lebih banyak orang.

Well itulah sekelumit Tutorial Cara Membuat Efek Spiral Light dengan Photoshop Versi KoeToe-ID. Simak juga Tutorial Lainnya yang pastinya gak kalah keren. Untuk Brothers yang punya pertanyaan, komentar, kritik, saran, ataupun Request Tutorial silahkan Jejakkan di kolom komentar di bawah. atau bisa langsung menghubungi Kontak KoeToe-ID.

Terimakasih, selamat ber-eksperimen dan semoga bermanfaat.
Tutorial Photoshop Untuk Pemula - Membuat Efek Spiral Light Photoshop Tutorial Photoshop Untuk Pemula - Membuat Efek Spiral Light Photoshop Reviewed by Syahrul Faiji on September 23, 2015 Rating: 5

Related Tutorials