Tutorial Photoshop Dasar - Membuat Ilustrasi Bulan Sabit dengan Photoshop



Selamat malam Brothers, dan selamat datang kembali di KoeToe-ID. malam ini terlihat bagus sekali, dengan ribuan bintang yang berkedip dan bulan yang bersinar terang menenangkan hati dan fikiran menghadirkan mood untuk nge-blog (apa hubungannya coba?) sok Puitis banget dah. Oke Brother, sesuai dengan puisi tadi yang akhirnya agak ngelantur tapi memang tutorial kali ini terinspirasi dari malam ini, karena kali ini kita akan mengupasTutorial Photoshop Ilustrasi Bulan Sabit dengan Photoshop. Walaupun malam ini bulannya nggak sabit, tapi bulan sabit ini memiliki keistimewaan dan sejuta misteri katanya.
Dalam Tutorial Photoshop ini kita akan menggunakan Tools diantaranya Elliptical Marquee Tool untuk membuat Bulan Sabit dan Polygon Tool Untuk Membuat Bintang, serta beberapa teknik dan Layer Style akan kita bahas dalam Tutorial Photoshop Ini


Oke Brother, mari kita kupas Tutorial Photoshopnya, ini dia Tutorial Ilustrasi Bulan Sabit dengan Photoshop.

1. Buka dulu Photoshopnya Bro,
2. Sebelum kita membuat File baru atau kanvas baru terlebih dahulu kita perlu mengubah warna Backgroundnya dengan cara klik menu Background di Toolbar, kemudian atur warna menjadi biru tua (warna clear night dengan kode warna : 2e068a) seperti gambar di bawah,


3. Sekarang kita buat file baru dengan klik File - New, kemudian akan muncul kotak dialog. atur pengaturannya seperti berikut. Agar background canvas berwarna biru tua seperti diatas, pada bagian Background Contents pilih Background Color.




4. Setelah terbentuk file baru dengan canvas biru tua, langkah pertama kita buat layer baru dengan klik menu Layer - New Layer. Akan muncul kotak dialog. Klik OK aja.

5.Langkah selanjutnya kita akan membuat sebuah seleksi lingkaran di Layer baru tadi dengan menggunakan Elliptical Marquee tool. Klik Elliptical Marquee lalu Buat sebuah bulatan.




6. Kemudian buat lagi lingkaran dengan Elliptical Marquee. pada Option barnya pilih Substract From Selection (lihat tanda merah) untuk memotong bagian lingkaran yang tadi kita buat.
Hasilnya akan seperti gambar di bawah.




7. Untuk mewarnainya klik menu Edit - Fill atau tekan Shift+F5 di keyboard. Lalu muncul kotak dialog, pada pilihan Use : pilih Color... kemudian pilih warna kuning keputihan.




8. Selanjutnya kita akan membuat bulan itu bersinar. Klik 2x pada layer baru dimana bulan tadi kita buat. Lalu akan muncul window Layer Style. Bisa juga dilakukan dengan menekan Ctrl+B di keyboard. Centang dan klik pada pilihan Outer Glow. Kemudian atur seperti di bawah ini.




9. Dan bulanpun akan memancarkan sinarnya,




10. Rasanya tidak akan lengkap kalo ada bulan tapi gak ada bintang.
Kalo gitu kita bikin bintangnya. 
Pertama kita ubah Foreground Colornya dengan cara klik Foreground Color (lihat tanda merah), kemudian klik gambar bulan yang tadi kita buat agar menghasilkan warna yang sama.




11. Selanjutnya kita buat bentuk bintang dengan klik Polygon Tool. Pada Option bar klik tanda panah ke bawah sehingga muncul kotak dialog kecil. Centang pada pilihan Star.




12. Buatlah bintang sesuka hati Brother.




13. Oiya dalam tahap ini kalo kita buat satu bintang maka akan terbentuk satu layer. Itu artinya jika kita membuat 7 bintang maka akan ada 7 layer yang terbentuk. Agar pengeditannya lebih mudah maka kita perlu menyatukan layer-layer tersebut.
Untuk menyatukannya pilih semua layer yang akan kita satukan dengan tekan Ctrl (jangan dilepas) dan klik layer satu persatu, atau dengan klik layer paling atas tekan shift dan klik layer paling bawah. Setelah terseleksi kemudian klik kanan dan klik Merge Layers. Maka layer akan tergabung menjadi satu




14. Selanjutnya kita akan membuat bintang - bintang yang tadi kita buat bersinar seperti bulan. Caranya klik kanan di layer bulan, kemudian klik Copy Layer Style untuk meng Copy efek yang kita bubuhkan ke layer tersebut.
Kemudian klik kanan pada layer bintang dan klik Paste Layer Style untuk membubuhkan efek yang tadi diCopy.




15. Selesai..
Bulan dan bintangpun bersinar terang..




Oke Brother, itu dia sekelumit Tutorial Cara Membuat Ilustrasi Bulan Sabit dengan Photoshop versi KoeToe-ID. Simak Juga Tutorial Photoshop Lainnya, dan jika Brothers memiliki pertanyaan, request, pesan, kritik ataupun saran silahkan untuk menjejakkan komentar di bawah atau hubungi Kontak Penulis.

Okelah kalo begitu selamat ber-eksperimen, semoga bermanfaat.
Tutorial Photoshop Dasar - Membuat Ilustrasi Bulan Sabit dengan Photoshop Tutorial Photoshop Dasar - Membuat Ilustrasi Bulan Sabit dengan Photoshop Reviewed by Syahrul Faiji on September 03, 2015 Rating: 5

Related Tutorials