Tutorial CorelDraw Untuk Pemula - Membuat Scrolled Paper dengan CorelDraw



Welcome back di KoeToe-ID, Brother, Brothers pasti pernah melihat banner, poster, iklan, atau brosur dengan teks yang berlatar belakang gambar yang menyerupai gulungan kertas atau bahasa jawanya 'Scrolled Paper'. Dan pada Tutorial CorelDraw kali ini KoeToe-ID akan mengupas Cara Membuat Scrolled Paper dengan CorelDraw. Membuat Vektor Scrolled Paper di CorelDraw ini cukup sederhana dan mudah, karena disini kita tidak menggunakan banyak Tool, namun hanya menggunakan Efek Extrude seperti yang kita praktekkan pada Tutorial sebelumnya Cara membuat Ribbon Banner dengan CorelDraw.Seperti yang tadi di jelaskan, Scrolled paper adalah gambar/vektor yang menyerupai kertas yang kedua ujungnya tergulung, atau disingkat 'Gulungan Kertas'.



Oke, langsung saja mari kita Kupas Tutorial Cara Membuat Scrolled Paper dengan CorelDrawnya.

1. Buka CorelDraw
2. Setelah terbuka buatlah garis dengan menggunakan Freehand Tool, bentuk garis seperti gambar di bawah ini,



3. Setelah garis terbentuk langkah selanjutnya adalah memberikan efek Extrude. klik Extrude kemudian klik pada garis yang kita buat tadi dan geser ke arah samping. geser sepanjang lebar kertas yang di inginkan.



4. Setelah di beri efek Extrude hasilnya belum menyerupai kertas, karena efek extrude default membentuk bayangan perspektif. Untuk membuatnya seperti kertas kita harus mengubah jenis extrudenya. Pada Property bar klik tanda panah Extrusion Type, Kemudian pilih Extrusion Type yang ada di tengah-bawah, seperti gambar,



 5. Selanjutnya kita akan memecah bagian-bagian kertas tadi. pastikan tool yang dipilih masih Extrude ya, klik kanan di gambar kertas tadi, kemudian klik Break Extrude Group Apart atau bisa dengan Shortcut 'Ctrl+K'.



6. Setelah memecah bagian-bagian kertas selanjutnya kita pisahkan bagian-bagian pembentuk gulungan kertas. Pilih Pick Tool dan klik pada gambar kertas, kemudian klik Ungroup di Property bar, atau dengan Shortcut 'Ctrl+U'.
Sekarang bagian-bagian Gulungan kertas sudah terpisah.



7. Langkah selanjutnya kita beri warna pada masing-masing bagian pembentuk kertas dengan warna yang berbeda. Agar terlihat realistis beri warna kertas dengan warna gelap-terang, lihat gambar di bawah.



8. Hilangkan Outlinenya dan Scrolled Paper sudah jadi.
Untuk membuatnya lebih realistis dan terlihat 3 dimensi gunakan pewarnaan dengan Gradient atau bisa juga dengan teknik Transparency, sehingga hasilnya akan seperti berikut.




Scrolled Paper CorelDraw Competed!

Gampang kan?
Itu dia Tutorial Cara Membuat Scrolled Paper dengan CorelDraw versi KoeToe-ID. Masih pengen coba Tutorial CorelDraw Lain? silahkan Coba Tutorial CorelDraw KoeToe-ID yang lainnya. Untuk Brothers yang punya pertanyaan, kritik, saran, komentar, atau Request Tutorial CorelDraw atau Photoshop silahkan Jejakkan komentar Brothers di bawah, atau hubungi Kontak KoeToe-ID langsung.

Silahkan Share Karya Brother di Facebook Fanpage KoeToe-ID untuk mendapatkan apresiasi dari lebih banyak orang.

Terimakasih atas kunjungannya, selamat ber-eksperimen dan semoga bermanfaat.
Tutorial CorelDraw Untuk Pemula - Membuat Scrolled Paper dengan CorelDraw Tutorial CorelDraw Untuk Pemula - Membuat Scrolled Paper dengan CorelDraw Reviewed by Syahrul Faiji on September 16, 2015 Rating: 5

Related Tutorials