Tutorial CorelDraw Dasar - Memahami Layout CorelDraw



Selamat pagi Brothers, selamat datang kembali di Blog Tutorial desain CorelDraw dan Photoshop untuk Pemula, Ilmugrafika.id. Kali ini kita akan membahas mengenai sesuatu yang sangat mendasar, yaitu Layout CorelDraw. Apa itu Layout?.
Layout dalam bahasa indonesia berarti Tata Letak. dan Layout CorelDraw berarti Tata Letak Menu dan Tools di dalam CorelDraw. Pada Tutorial-tutorial dalam blog ini kita akan banyak menemukan istilah-istilah seperti Menu Bar, Property Bar, Tool Box, dan Color Pallete yang mungkin untuk sebagian pengguna yang masih awam belum mengerti letak dan fungsinya, beberapa hal ini merupakan bagian-bagian inti untuk mendesain dengan CorelDraw. Oleh karena itu Tutorial CorelDraw kali ini akan memberikan penjelasan singkat mengenai hal tersebut.



Ketika kita membuka CorelDraw dan membuat file baru maka akan muncul tampilan Utama atau User Interface seperti di bawah ini.


1. Menu Bar
Menu Bar adalah sederetan Menu yang berfungsi untuk memudahkan pengguna dalam mengelola file dan gambar, letaknya berada di paling atas yang terdiri dari menu File, Edit, View, Layout, Object, Bitmaps, Text, Table, Tool, Window, dan Help. Sebagian Menu pada menu bar mengacu pada objek tertentu, contohnya seperti menu Text yang hanya dapat digunakan pada objek Teks.

2. Tool Box
Tool Box adalah sekumpulan alat yang digunakan dalam proses pembuatan dan editing gambar, terletak di bilah sisi kiri.
Pelajari Fungsi Tool pada Toolbox.

3. Poperty Bar
Property bar adalah sederetan menu pengaturan alat. Property bar menampilkan pengaturan dari alat yang sedang aktif, contohnya jika kita mengaktifkan Text Tool maka yang akan di tampilkan di Property bar adalah pengaturan untuk Text Tool.


4. Lembar Kerja
Lembar kerja adalah tempat yang disediakan untuk melakukan pekerjaan di CorelDraw. Lembar kerja ini berukuran sesuai dengan ukuran kertas yang dapat kita atur di menu Layout - Page Setup. Lembar kerja ini hanya acuan untuk ukuran kertas yang akan digunakan dalam pencetakan, sementara dalam hal pembuatan dan pengeditan gambar tidak di batasi oleh lembar kerja ini.


5. Color Pallete
Color Pallete adalah deretan warna yang berfungsi untuk memberikan warna pada objek sesuai dengan warna yang kita pilih pada Color Pallete. Color Pallete disiapkan untuk mempercepat dalam hal pewarnaan, oleh karena itu warna yang ada di color pallete cukup terbatas. Sementara untuk pewarnaan tingkat lanjut dapat di lakukan di menu Fill Color yang ada di bagian kiri-bawah layar.

Oke Brothers, itu tadi sedikit penjelasan tentang Layout CorelDraw versi KoeToe-ID. Semoga Bermanfaat.
Tutorial CorelDraw Dasar - Memahami Layout CorelDraw Tutorial CorelDraw Dasar - Memahami Layout CorelDraw Reviewed by Syahrul Faiji on October 10, 2015 Rating: 5

Related Tutorials