Tutorial CorelDraw untuk Pemula - Membuat Vektor Balon



Selamat datang Brothers, kembali lagi di Ilmugrafika.id, Blog Tutorial Ilmu Desain CorelDraw dan Photoshop untuk Pemula. Sebelumnya apakah diantara Brothers ada yang sedang berulang tahun hari ini? kalo ada Ilmugrafika.id mengucapkan selamat atas temu tahunnya.
Ulang tahun atau perayaan lain biasanya identik dengan hal-hal seperti : makan-makan, pernak-pernik, hiasan, kue, dan juga Balon!. Seperti salah satu Brothers yang me-request Tutorial kali ini yang meminta untuk dikupaskan Cara Membuat Vektor Balon di CorelDraw untuk membuat Kejutan berupa gambar ucapan selamat bikinan sendiri.Dan oleh karena itu pada Tutorial kali ini Ilmugrafika.id akan mengupas Tutorial Cara Membuat Vektor Balon di CorelDraw untuk Brothers semua.
Pada Tutorial kali ini kita akan belajar membuat bentuk dengan Bezier Tool mengubah bentuk dengan Shape Tool dan juga kita akan bermain dengan Transparency Tool.



Baiklah, mari kita mulai Tutorialnya,

1. Buka CorelDraw, versi berapa saja
2. Langkah pertama buatlah sebuah lingkaran dengan menggunakan Ellipse Tool.




3. Tekan Ctrl+Q untuk mengubah lingkaran menjadi kurva atau Curves. Kemudian dengan menggunakan Shape Tool ubah bentuk lingkaran dengan menarik garis bagian bawah pada lingaran, dengan cara drag sedikit titik sape lingkaran ke bawah. sampai bentuknya menyerupai balon atau telur.



4. Bentuknya sudah kita dapatkan. Langkah selanjutnya buatlah segitiga dengan menggunakan Polygon Toolubah jumlah sudutnya menjadi 3, kemudian buat objek segitiga kecil di bagian bawah balon.



5. Kita satukan lingkaran dan segitiga yang kita buat tadi. Caranya seleksi semua Objek dengan menekan tombol Ctrl+A di keyboard, kemudian klik tombol Weld yang ada di Property bar, lihat gambar.



6. Beri warna merah dan hilangkan Outlinenya dengan memilih None pada Outline Width



7. Copy-Paste balon yang sudah diwarnai tadi, kemudian ganti warnanya ke warna yang lebih tua. Selanjutnya kita beri efek Transparency dengan Transparency Tool. Klik Transparency Tool kemudian pada Property Bar ubah modenya ke Radial agar hasil transparencynya menyerupai lingkaran, klik dan drag pada objek sampai terlihat seperti gambar. Arah transparency akan mengikuti sesuai arah drag mouse.



8. Dengan menggunakan Bezier Tool buatlah sebuah objek dengan bentuk panjang melengkung seperti gambar di bawah. kemudian beri warna putih dan hilangkan outlinenya.



9. Berikan lagi efek Transparency dengan Transparency Tool seperti gambar di bawah sehingga objek akan terlihat seperti pantulan cahaya.




10. Balon sudah jadi. kemudian kita akan membuat talinya dengan menggunakan Freehand Tool. Buat garis acak dari segitiga kecil ke arah bawah, atur ketebalan garisnya supaya sesuai.



Selesai.



Awas meledak.. hehehe...
Untuk mengubah warnanya cukup dengan mengganti warna merah dan merah tua dengan warna yang di inginkan.

Oke, itu tadi sekelumit tentang Tutorial Cara Membuat Vektor Balon dengan CorelDraw Versi Ilmugrafika.id. Simak Juga Tutorial lainnya yang pastinya gak kalah keren. Buat Brothers yang punya pertanyaan, kritik, saran, masukan, komentar ataupun Request Tutorial silahkan jejakkan di kolom komentar di bawah, atau hubungi langsung penulis di Kontak Ilmugrafika.id.

Terimakasih, selamat mencoba dan semoga bermanfaat
Tutorial CorelDraw untuk Pemula - Membuat Vektor Balon Tutorial CorelDraw untuk Pemula - Membuat Vektor Balon Reviewed by Syahrul Faiji on October 02, 2015 Rating: 5

Related Tutorials