7 Tips Belajar Desain Grafis dengan Cepat



Selamat datang kembali di Ilmugrafika.id, Blog belajar desain Grafis untuk pemula, Pada postingan sebelumnya kita telah membahas mengenai Pengertian Desain Grafis yang mana secara singkat Desain Grafis adalah sebuah Proses membentuk komunikasi yang dituangkan dalam bentuk Visual dengan Gambar, tulisan, atau ilustrasi. Nah pada Posting kali ini kita akan membahas bagaimana cara yang efektif untuk mempelajari ilmu Desain Grafis? Berikut Paparannya.




Belajar desain Grafis dengan cepat bukanlah hal yang sulit, syarat untuk menguasai Desain Grafis hanya ada 2 yaitu ketekunan dan kreativitas, 2 hal ini harus selalu ada di dalam diri para desainer untuk mempertahankan kualitasnya. Dan untuk para pemula yang ingin belajar desain grafis secara otodidak di internet, berikut Ilmugrafika.id kasih tipsnya.


1. Kenali Aplikasi untuk Desain

Yang Pertama adalah agan harus kenal dan tau dulu seputar aplikasi, software dan media apa saja yang bisa digunakan sebagai media belajar agan. Software desain tersebut diantaranya :


·         Adobe Photoshop



Adobe Photoshop adalah aplikasi image editor atau program untuk mengedit gambar, atau foto yang fungsinya untuk membuat, menyunting (editing), dan memodifikasi (Manipulasi) gambar-gambar digital, dengan software ini agan bisa memodifikasi atau mengolah gambar, seperti mengganti background, memanipulasi foto, membuat user interface, membuat rancangan desain web, dan masih banyak lagi. Fitur yang dimiliki Photoshop sangat lengkap sehingga memudahkan penggunanya menghasilkan rekayasa gambar atau foto yang berkualitas tinggi.



·         Adobe Illustrator



Secara garis besar fungsi Adobe Illustrator tidak jauh berbeda dengan CorelDraw, Adobe Illustrator memberikan hasil dalam bentuk ilustrasi desain vektor, yaitu dengan menggunakan format file grafis berdasarkan ekspresi matematika yang terdiri dari titik (point), garis (line) dan bentuk (shape). Melalui desain vektor, Anda bisa membuat logo, karakter animasi, infografik, elemen pada halaman website kartu nama, brosur, poster, dsb.


·         CorelDraw



Corel Draw merupakan program aplikasi grafis berbasis vektor yang memungkinkan seseorang membuat sebuah karya seni profesional, mulai dari bentuk yang sederhana seperti gambar logo, hingga ilustrasi kompleks dengan pemrosesesan visual. Dibandingkan dengan adobe illustrator, Corel Draw relatif lebih ramah pengguna. Tampilannya lebih mudah dipelajari bagi pemula dan lebih andal dalam pengerjaan desain yang membutuhkan kepresisian.

2. Pelajari Secara Bertahap

Dalam mencari Artikel/Tutorial untuk belajar hendaknya dilakukan secara bertahap, maksudnya adalah jika kita masih dalam tahap pengenalan maka carilah dulu Artikel/Tutorial yang di khususkan untuk pemula, mulailah dari teknik dan ilmu dasar setelah menguasai 1 teknik barulah berlanjut ke teknik berikutnya, jangan terburu-buru untuk mempelajari teknik-teknik yang sulit karena di situ tidak akan dipaparkan secara jelas mengenai alat dan fungsinya.

3. Pelajari dan Ingat Fungsi dan caranya, bukan langkah-langkahnya

Jika agan belajar dengan mengikuti Tutorial, Hal yang sangat penting yang sering terlupakan ketika kita belajar desain adalah kita hanya memperhatikan Langkah-langkah yang dipaparkan dalam tutorial tanpa memperhatikan apa saja yang digunakan, bagaimana cara menggunakannya, dan apa fungsinya. Ini bukan hal yang salah juga, tetapi akan sangat baik jika dalam belajar desain dengan media digital kita memperhatikan alat yang dipergunakan dan juga fungsinya, karena jika kita tahu fungsi dan cara penggunaannya mungkin kita akan menenukan Langkah-langkah yang lebih singkat dan efektif dengan cara kita sendiri.


4. Jangan terpaku pada Tutorial, ciptakan sesuatu yang baru

Carilah referensi desain dari setiap teknik yang dipelajari, lalu praktekkan dan buat sesuatu yang baru dari ide kreatif agan, biasanya sesuatu itu akan mudah terlupakan jika kita hanya mempelajari dan mempraktekkan 1 kali sesuai dengan arahan dari tutorial tanpa kita mencobanya lagi. agar hal ini tidak terjadi, maka cobalah praktekkan sekali lagi, buat sesuatu yang baru tanpa melihat tutorial. 

5. Ikut Komunitas

Dengan bergabung di dalam sebuah komunitas kita akan banyak mempelajari hal-hal baru di dalam desain grafis, tidak hanya itu ketika kita memiliki pertanyaan seputar desain grafis juga kita akan lebih cepat mendapatkan jawaban, karena tujuan utama dari sebuah komunitas Desain Grafis adalah Sharing. Komunitas atau forum bisa Anda jumpai di situs-situs tertentu, misalnya. Forum “Komunitas Desain Grafis Indonesia”, “Kaskus” dan masih banyak lagi yang lainnya.

6. Ikuti kontes desain

Untuk mengukur kemampuan desain yang telah kita pelajari cobalah untuk mengikuti kontes desain baik itu Online ataupun Offline, banyak sekali manfaatnya, diantaranya untuk menambah wawasan kita mengenai desain dan mengasah analisa kita untuk bagaimana menciptakan sebuah desain, dan manfaat lainnya tentu saja bisa mendapatkan uang jika kita memenangkan lomba desainnya, beberapa situs kontes desain yang mungkin bisa menjadi referensi agan :
  1. http://99designs.com
  2. http://wegraphics.net
  3. http://www.designcontest.com/
  4. http://www.crowdspring.com
  5. http://www.logocontest.com/
  6. http://www.logomyway.com
  7. http://logotournament.com/
  8. http://www.logoarena.com/

7. Jangan Mudah Bosan

Sebanyak apapun ilmu yang kita dapat hanya akan menjadi "Pajangan" ketika kita merasa bosan. Betul?


Oke, itu dia beberapa kiat Tips Belajar Desain dengan Cepat ala Ilmugrafika.id, jangan lupa untuk berkomentar di bawah ini dan juga Follow Facebook Fanpage Ilmugrafika.id.

Salam,



7 Tips Belajar Desain Grafis dengan Cepat 7 Tips Belajar Desain Grafis dengan Cepat Reviewed by Syahrul Faiji on June 11, 2017 Rating: 5

Related Tutorials