Membuat Logo dengan CorelDraw - Mobius Strip Infinity Logo



Hai Guys, selamat datang di Ilmugrafika.id, Blog Belajar Desain Untuk Pemula. sepertinya sudah lama sekali tidak posting tutorial coreldraw setelah postingan terakhir tentang Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan dari Desain Logo, dan pada tutorial kali ini kita akan membahas tentang bagaimana sih cara membuat logo infinity yang berupa Mobius Strip?.
Mobius Strip sendiri bisa dideskripsikan sebagai sesuatu yang melingkar dengan memiliki 2 sisi yang berbeda dalam satu sudut pandang, ini dapat dicontohkan dengan sebuah pita dimana kita memutar satu sisi pita 180 derajat kemudian menyambungnya dengan sisi pita yang lain.

Dan tanpa harus berbasa-basi lebih panjang lagi mari langsung saja kita kupas tutorialnya!

Mobius Strip Logo CorelDraw

Membuat Mobius Strip Infinity Logo dengan CorelDraw

Pertama-tama buka terlebih dahulu CorelDrawnya, dan buat Dokumen Baru.

1. Langkah pertama adalah membuat sebuah lingkaran dengan menggunakan Rectangle Tool. Untuk membuat lingkaran yang sempurna buatlah lingkaran dengan menekan tombol Ctrl, kemudian klik kanan pada lingkaran itu dan klik Convert to Curves atau tekan Ctrl+Q. Ini untuk mengubah lingkaran tadi menjadi kurva.


2. langkah selanjutnya Pilih Shape Tool pada Tool bar, kemudian geserlah titik kurva sebelah kiri lingkaran yang kita buat tadi sedikit ke kiri, kemudian pada Property bar pilih Cusp Node untuk mengubah kurva menjadi sudut, dan gerakkan kedua panah kurva sehingga membentuk sudut di sebelah kiri lingkaran. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.


3. Selanjutnya kita Copy-Paste bentuk yang telah kita buat tadi, perkecil ukurannya dan letakkan di tengah-tengah.


4. Seleksi semua objek dan tekan Back Minus Front pada Property Bar.



5. selanjutnya beri warna yang agak gelap, disini saya menggunakan warna biru tua.


6. Copy-paste objek tadi dan beri warna yang cerah.


7. Selanjutnya kita akan memotong objek berwarna terang tadi dengan menggunakan alat bantu Rectangle Tool. buat sebuah persegi panjang menutupi setengah bagian bawah objek, kemudian tekan Back Minus Front pada Property Bar.


8. Hasilnya akan terlihat seperti dibawah ini.


9. Langkah selanjutnya kita akan mulai membentuk objek-objek yang telah kita buat. Klik Shape Tool kemudian klik 2x pada titik merah seperti pada gambar di bawah, dan geser ke bawah sampai muncul kata edge yang berarti pertemuan dengan sisi garis.


10. Selanjutnya masih menggunakan Shape Tool, hilangkan titik kurva yang ditandai dengan huruf X pada gambar dengan klik 2x pada titik tersebut, kemudian gerakkan panah kurva bertanda O ke arah atas, sehingga hasilnya akan seperti pada gambar di bawah.


11. Selanjutnya kita potong bagian objek berwarna gelap yang kita buat di langkah pertama tadi dengan cara seleksi semua objek dengan menekan Ctrl+A, kemudian klik Trim pada Property bar.


12. Setelah itu Copy paste potongan objek tadi, kemudian beri warna hitam atau warna yang lebih gelap dari warna dasar sebelumnya.


13. Selanjutnya kita akan memberikan efek gelap-terang pada objek tadi dengan menggunakan Transparency Tool, klik Transparency Tool, kemudian pada Property bar pilih Fountain Transparency - Elliptical Fountain Transparency, kemudian drag mouse dari arah bawah tengah objek hitam tadi ke arah kanan atas, lihat gambar untuk lebih jelasnya.


14. Setelah itu kita Copy-Paste semua objek dan memutarnya sebanyak 180 derajat, atau dengan klik Mirror Horizontally pada Property bar kemudian Mirror Vertically sehingga hasilnya seperti gambar berikut. Catatan : Jangan hilangkan dulu seleksinya.


15. Geser objek dengan men-drag mouse dimulai dari sudut kanan objek, geser ke kiri sampai menemukan kata node yang berarti pertemuan dengan titik, sehingga posisinya akan saling berbalik atau Back-to-Back.



16. Kemudian kita akan menyatukan objek berwarna terang dengan seleksi kedua objek berwarna terang, kemudian klik Weld pada Property bar.


17. Selanjutnya Copy-Paste objek yang sudah kita satukan tadi, dan beri warna yang lebih gelap.


18. Seperti langkah sebelumnya kita berikan efek gelap-terang pada objek dengan menggunakan Transparency Tool, pada Property bar pilih Fountain Transparency - Elliptical Fountain Transparency, dan drag kursor dari tengah objek ke arah kanan.


19. Jika langkah-langkah diatas dilakukan dengan benar maka hasil akhirnya akan seperti berikut Guys!.


Jika Tutorial diatas masih sulit dipahami, video berikut ini akan sangat membantu,



Oke itu dia beberapa langkah Cara Membuat Mobius Strip Infinity Logo dengan CorelDraw, versi Ilmugrafika.id. simak juga Tutorial Ilmugrafika.id Lainnya, jika ada pertanyaan, kritik, saran dan juga Request Tutorial silahkan agan tuliskan di kolom komentar di bawah.
Untuk mendapatkan Update Tutorial setiap harinya silahkan agan Klik SUBSCRIBE dan update tutorial akan dikirim via email setiap hari. Bisa juga dengan cara gabung ke grup Belajar Desain CorelDraw dan Like Fanpage Ilmugrafika.id.

Semoga Bermanfaat,
Thanks to Visit.
Membuat Logo dengan CorelDraw - Mobius Strip Infinity Logo Membuat Logo dengan CorelDraw - Mobius Strip Infinity Logo Reviewed by Syahrul Faiji on July 28, 2017 Rating: 5

Related Tutorials