Please Wait...

Tutorial CorelDraw Dasar - Cara Mengubah Bentuk Objek dengan Shape Tool



Welcome Back Guys, setelah kemarin kita mempelajari dan mengaplikasikan cara penggunaan Transparency Tool untuk Membuat Bola Billiard dengan CorelDraw, Posting Ilmugrafika.id kali ini akan mengupas tools lainnya yaitu Fungsi Shape Tool dan cara pengaplikasiannya di CorelDraw.
Untuk seorang pemula (seperti saya) ulasan ini menjadi penting mengingat Shape Tool mempunyai peran penting dan juga merupakan tool yang sering digunakan dalam mendesain baik desain logo atau yang lainnya.


Fungsi Shape Tool sendiri adalah untuk Mengubah Bentuk Objek di CorelDraw atau lebih spesifiknya untuk mengubah bentuk objek garis dan/atau garis dari suatu objek sehingga akan menghasilkan bentuk baru dari objek tersebut. Dan Pada Tutorial kali ini kita akan menggunakan Shape Tool untuk mengubah objek Lingkaran menjadi Logo Apple.
Penasaran? Yuk kita simak Tutorialnya!

Cara Mengubah Bentuk Objek - CorelDraw 2017

Pertama tama mari kita buka CorelDrawnya gan, disini saya menggunakan CorelDraw Versi 2017, namun jangan khawatir untuk versi sebelumnya juga tidak jauh berbeda.

1. Langkah pertama adalah membuat sebuah lingkaran dengan menggunakan Ellipse Tool, buatlah sebuah lingkaran sambil menekan tombol Ctrl untuk membentuk lingkaran yang sempurna.



2. Selanjutnya klik kanan pada Lingkaran yang sudah di buat tadi, kemudian klik Convert To Curves,atau dengan Shortcut Ctrl+Q.




3. Setelah itu klik pada Shape Tool, maka akan terlihat 4 titik di setiap sisi lingkaran (kanan,kiri,atas,bawah), yang dalam bahasa CorelDraw titik ini disebut Node. titik-titik itulah yang akan kita gunakan untuk mengubah bentuk Objek di CorelDraw.



4. Masih menggunakan Shape Tool, kita akan coba property barnya satu persatu, pada property bar kita akan menemukan 3 macam pengaturan kurva.
Langsung saja untuk yang pertama kita coba kurva yang bernama Cusp Node (perhatikan kotak merah) yaitu untuk mengatur kurva membentuk sudut, kedua arah kurva bisa digerakkan bebas.



5. Yang kedua adalah Smooth node yaitu kurva untuk membentuk lengkung beda tidak sama sisi, berbeda dengan Cusp Node kedua arah kurva Smooth node akan selalu sejajar sehingga tidak bisa membentuk sudut, tetapi kedua kurva tersebut dapat diatur dengan panjang yang berbeda, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut.



6. Berikutnya yang terakhir adalah Symmetrical Node, seperti namanya kurva ini akan selalu simetris, dengan kata lain sisi satu dengan yang lain akan saling menyesuaikan. ketika salah satu kurva di tarik maka kurva yang satu lagi kan ikut tertarik sehingga panjang kurva pun akan selalu sama.



7. Oke, pada tahap ini saya anggap anda sudah mengerti bagaimana cara menggunakan ke-3 kurva tersebut, dengan cara mengaplikasikan Shape Tool  diatas buatlah lingkaran tadi menjadi sebuah Logo Apple seperti pada gmbar di bawah.



Dan untuk yang masih bingung bagaimana cara membuatnya? dibawah ini saya kasih videonya,



Yap, sampai disini dulu posting Ilmugrafika.id kali ini, semoga bisa menambah pengetahuan Brothers semua,jangan lupa SUBSCRIBE dan Like Fanpage kami. Jika ada pertanyaan, komentar, kritik atau saran? silahkan sampaikan untuk membangun blog ini menjadi lebih baik. Simak Juga Tutorial Terkait lainnya di bawah ini.

Thanks for visit


Tutorial CorelDraw Dasar - Cara Mengubah Bentuk Objek dengan Shape Tool Tutorial CorelDraw Dasar - Cara Mengubah Bentuk Objek dengan Shape Tool Reviewed by Syahrul Faiji on July 31, 2015 Rating: 5

Related Tutorials
Powered by Blogger.