Tutorial Photoshop Untuk Pemula - Efek Foto Terbakar



Welcome back to KoeToe-ID, Brothers. Setelah menyelesaikan masalah template, akhirnya hari ini Mang KoeToe baru bisa bikin Tutorial lagi setelah Tutorial sebelumnya yang mendapat cukup banyak audiens yaitu Tutorial Photoshop Cara Membuat Efek Foto Sobek kali ini KoeToe-ID akan mengupas Tutorial Photoshop Photo Effect yang lain. Yap, pada Tutorial kali ini kita akan mengupas Cara Membuat Efek Foto Terbakar dengan Photoshop. Setelah kemaren kita nyobek foto, sekarang kita bakar foto, Bro. untuk membuat efek foto terbakar, ada berbagai macam cara yang bisa digunakan dalam photoshop, dan salah satunya adalah seperti yang akan dikupas pada Tutorial Photoshop kali ini. mungkin Brothers sudah banyak yang bisa buat efek seperti ini. Tapi bagi yang belum bisa silahkan simak tutorialnya. Hasil akhirnya akan terlihat seperti di bawah ini Bro.
 


Oke biar nggak kelamaan mari langsung saja kita kupas Tutorialnya.
Ini dia Cara Membuat Efek Foto Terbakar dengan Photoshop.
 
1. Kita buka dulu Photoshopnya. Klik Start - All Programs - Adobe Photoshop

2. Buka Foto yang akan di Edit dengan klik File - Open dan pilih fotonya

3. Langkah pertama setelah foto terbuka adalah menduplikasi layer foto dengan cara klik Ctrl+J di keyboard pada layer background sehingga akan terbentuk satu layer duplikasi dengan nama Layer 1.
 Setelah itu klik tanda mata yang ada di samping layer background agar layer background menjadi invisible, alias tidak terlihat.



4. Langkah selanjutnya kita seleksi bagian pinggiran foto dengan menggunakan Lasso Tool (lihat tanda merah). buat garis seleksi dengan cara men-drag mouse di pinggiran foto secara tidak beraturan (lihat gambar di bawah).



5. Proses seleksi seperti tadi akan selalu menghasilkan seleksi di area bagian dalam garis seleksi, dan untuk menyeleksi area luar dari garis seleksi yang kita buat tadi bisa dilakukan dengan cara klik kanan pada area yang terseleksi dan klik Select Inverse. maka yang terseleksi adalah bagian luar garis seleksi.
Untuk menghilangkan gambar yang terseleksi cukup tekan tombol Delete di keyboard.



6. Setelah kita menghilangkan area pinggiran foto, langkah selanjutnya adalah mewarnai pinggiran foto dengan Brush Tool. klik Brush Tool, kemudian ubah Foreground Colornya ke warna Cokelat (lihat tanda merah).



7. kemudian sapukan Brush Tool di sekeliling pinggiran foto yang telah kita potong tadi.
*untuk mengubah ukuran kuas Brush Tool tekan tombol [ untuk memperkecil, dan tombol ] untuk memperbesar.



8. Setelah langkah diatas foto sudah terlihat seperti terbakar. Untuk membuatnya lebih realistis maka kita perlu menambahkan sedikit efek lagi. Disini kita akan menggunakan Layer Style - Inner Glow. Cara membukanya klik 2x pada layer, kemudian akan muncul kotak dialog Layer style. centang dan klik pada pilihan Inner Glow dan atur di bagian yang bertanda merah seperti berikut.



9. Selesai. Foto terlihat seperti habis dibakar.




Apa udah keliatan Realistis? hehe...
Bagaimana dengan Hasil Karya Brother? Silahkan share desain CorelDraw ataupun Photoshop hasil karya Brother ke Facebook Fanpage KoeToe-ID.

Oke, itu tadi sekelumit Tutorial cara Membuat Efek Foto Terbakar versi KoeToe-ID. Simak Juga Tutorial Lainnya. Dan untuk Brother yang punya pertanyaan, kritik, saran, masukan, atau request tutorial silahkan jejakkan komentar Brother di bawah atau langsung hubungi Kontak KoeToe-ID.

Terimakasih, selamat ber-eksperimen dan semoga bermanfaat
Tutorial Photoshop Untuk Pemula - Efek Foto Terbakar Tutorial Photoshop Untuk Pemula - Efek Foto Terbakar Reviewed by Syahrul Faiji on September 14, 2015 Rating: 5

Related Tutorials
Powered by Blogger.