Please Wait...

Sekilas tentang Plugin Photoshop



Plugin Photoshop (atau plug-in) adalah program add-on yang bertujuan untuk memberikan efek gambar tambahan atau melakukan tugas yang tidak mungkin atau sulit dipenuhi dengan menggunakan Adobe Photoshop saja. Plugin dapat dibuka dari dalam Photoshop dan beberapa program editing gambar lainnya (kompatibel dengan spesifikasi Adobe yang sesuai) dan bertindak seperti editor mini yang memodifikasi gambar.



Plugin merupakan Program External Photoshop yang bisa kamu Download, dan diharuskan melakukan penginstalan tersendiri. Plugin yang kompatibel dengan Photoshop terbagi menjadi beberapa jenis utama: plugin filter .8bf, plugin impor (juga disebut 'akuisisi') .8ba, plugin ekspor .8, plugin format file, 8bi, dan plugin otomasi .8ly. Juga, ada plugin pilihan 8bs dan plugin parser 8by, namun tidak ada yang lain selain Adobe yang pernah membuat plugin jenis ini.

"Impor / ekspor plugin" memperoleh atau menulis data gambar dari atau ke perangkat tertentu, "plugin format file" terbuka dan menyimpan format gambar yang kurang umum (tidak didukung secara inheren oleh Photoshop), dan "plugin otomasi" mengotomatisasi tugas tertentu dengan Actions Photoshop

Aplikasi host atau host plugin adalah aplikasi grafis yang mampu menjalankan plugin. Banyak aplikasi grafis komersial mendukung plugin yang kompatibel dengan Photoshop - Paint Shop Pro,  Photoshop Elements, PhotoImpact, Corel PhotoPaint, dan Adobe Fireworks adalah yang paling terkenal. Ada beberapa lusin host plugin lainnya, termasuk sedikit produk terkenal seperti Chasys Draw IES, editor gratis seperti GIMP (dengan add-on tertentu) dan pemirsa seperti IrfanView. Banyak dukungan terbatas pada platform Microsoft Windows dan filter filter .8bf.

Photoshop sepenuhnya mendukung semua jenis plugin yang tersedia; Host tertentu, seperti Photoshop Elements, mendukung sebagian besar dari mereka, sementara sebagian besar host mendukung plugin filter saja dan banyak dari mereka bahkan tidak mendukung semua plugin filter yang tersedia.

Dukungan untuk plugin lebih seragam sampai tahun 2002, ketika Adobe membatasi akses ke SDK Photoshop yang berisi spesifikasi untuk plugin Photoshop, dan membuat lisensi pengembang lebih mahal. Sejak saat itu, pengembang aplikasi gambar lain memiliki akses terbatas atau tidak ada lagi, jadi mereka tidak dapat mendukung fitur host yang lebih baru. Oleh karena itu, pengembang plugin menghadapi dilema: baik mendukung fitur host baru yang muncul di Photoshop 7 dan versi yang lebih baru, seperti akses ke lapisan, dan kehilangan kompatibilitas dengan aplikasi gambar lainnya, atau menggunakan versi SDK lama yang sudah mencakup semua spesifikasi penting. Dan pastikan plugin akan didukung oleh semua host.

Sekitar tahun 2005, Adobe mengubah kebijakan tersebut sehingga pengembang dapat mengajukan permintaan SDK melalui formulir Web tanpa biaya yang dikenakan untuk itu dan dengan semua permintaan yang ditangani secara terpisah.

Jika kamu inin mencoba lebih lanjut tentang Plugin Photoshop. Ada banyak sekali Plugin Photoshop yang tersedia, kamu bisa download secara Gratis Maupun Berbayar. Tinggal Browse di Google dengan Keyword "Photoshop Plugins".

Dan Cara Installnya bisa kamu pelajari Disini : Cara Install Plugin Photoshop

Selamat Mencoba,

Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Photoshop_plugin
Sekilas tentang Plugin Photoshop Sekilas tentang Plugin Photoshop Reviewed by Syahrul Faiji on June 06, 2017 Rating: 5

Related Tutorials
Powered by Blogger.