Cara Menggunakan Mockup dengan Photoshop



Halo Guys, selamat datang kembali di Ilmugrafika.id. Well, pada pembahasan yang lalu kita telah mengupas Apa Itu Mockup?. Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya Mockup adalah sebuah gambaran realistis dari suatu benda atau project, sehingga sebuah desain menjadi lebih menarik karena dengan menggunakan Mockup kita bisa memberian gambaran kepada klien bagaimana sebuah desain jika diaplikasikan ke dalam sebuah produk atau material. Seperti Cover Image Pembahasan kita kali ini.



Menarik Bukan? Oke, lalu bagaimana sih cara menggunakan Mockup itu?
Selain Mockup ini menarik, cara menggunakan Mockup pun tidak terlalu sulit, karena biasanya Mockup untuk desain berbentuk file .psd yang berarti kamu hanya membutuhkan sebuah aplikasi bernama Photoshop untuk menggunakannya. Kalau kamu sudah punya Photoshopnya, langsung aja kita Cabik-cabik Tutorialnya. Let's go!.

Cara Menggunakan Mockup di Photoshop

1. langkah pertama tentu saja buka dulu file mockup yang berformat .psd dengan menggunakan Photoshop. Contoh di bawah saya menggunakan Mockup Papercup Coffee.
Setelah terbuka kamu akan menemukan salah satu layer yang berbentuk Smart Object, atau Objek Pintar yang biasanya bertuliskan Your Logo Here atau  Your Design Here seperti gambar di bawah ini.



Kenapa di sebut Smart Object? karena Smart Object ini akan menyesuaikan sesuai apa yang sudah di set sebelumnya, kita hanya tinggal mengganti gambar di smart object tersebut kemudian dia akan menyesuaikan sendiri bentuk dan efeknya sesuai dengan yang telah di set sebelumnya.

Oke, jika kamu sudah menemukan smart objectnya kita lanjut ke langkah kedua.


2. Klik 2X pada smart Object tersebut, maka akan keluar tab baru yang berisi desain Defaultnya, nah inilah gambar yang harus kita ganti.



3. Selanjutnya Buatlah Layer baru dengan meng-klik New Layer di bawah panel Layer.




4. Karena kita akan mengganti desain lama dengan yang baru maka kita hilangkan desain lamanya dengan cara men-drag layer ke arah gambar tong sampah di pojok kanan-bawah panel layer.



5. Setelah itu tersisa 1 layer baru yang kita buat tadi, nah di layer baru ini masukkanlah desain baru kamu berupa gambar ber-format .png dengan latar belakang transparan, kemudian sesuaikan ukurannya.



6.Selanjutnya close tab smart object yang berisi desain baru kita tadi, jika muncul peringatan pastikan klik Yes, karena jika tidak maka perubahan yang kita buat tadi akan sia-sia.



7. Untuk mengubah ukuran dan efeknya kita bisa mengubahnya di layer smart object yang lain, biasanya ada di dalam folder layer. untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah.



Gimana? dengan menggunakan Mockup desain menjadi terlihat lebih menarik dan realistis kan? selain mockup diatas kamu juga bisa dengan mudah menemukan berbagai macam mockup yang dapat kamu download dengan cuma-cuma alias gratis.

Oke, sampai sini dulu pembahasan kita kali ini, jika ada pertanyaan silahkan ketkkan di kolom komentar, kamu juga bisa bisa kirim pesan langsung ke admin melalui whatsapp dengan klik tombol chat berwarna hijau di pojok kiri-bawah layar. Kamu juga bisa gabung ke Grup Belajar desain dan editing grafis untuk belajar lebih banyak dan mendapatkan tutorial baru Ilmugrafika.id.
Semoga bermanfaat dan thanks for your visit.
Cara Menggunakan Mockup dengan Photoshop Cara Menggunakan Mockup dengan Photoshop Reviewed by Syahrul Faiji on April 26, 2018 Rating: 5

Related Tutorials
Powered by Blogger.